Mission bagi Kader HMI

Mission HMI

Tak asing lagi bagi seorang kader hmi dengan kata - kata mission. Mission sendiri adalah tugas dan tanggung jawab yang diemban bagi setiap kader HMI. Bagi setiap kader HMI wajib hukumnya untuk mempunyai mission masing - masing dan tentunya tak lepas dari 2 komitmen asasi yang ada di mission itu sendiri. Dua Komitmen asasi ini adalah (1) Mempertahankan Negara Republik Indonesia dan mempertinggi derajat bangsa indonesia, yang dikenal dengan komitmen kebangsaan, dan (2) Menegakkan dan mengembangkan ajaran islam, yang dikenal dengan wawasan keislaman/keummatan.

Kedua komitmen tersebut adalah cara pandang utuh melihat bangsa Indonesia terhadap tanggung jawab sebagai warga negara dan umat islam Indonesia. Komitmen ini lah yang sering dilupakan bagi kader HMI, baik komitmen kebangsaan maupun komitmen keummatan. Untuk itu diperlukan adanya reaktualisasi mission HMI pada tiap kader HMI.

Kedua Komitmen ini tidak akan pernah berubah sampai kapanpun walau kader HMI dihadapkan dengan Masalah terkait isu negara maupun isu jelek terhadap umat islam. Seperti contoh pada tahun 2030 - 2045 diprediksi akan adanya Bonus Demografi, lantas apakah mission ini akan berubah menjadi mempersiapkan kader HMI dalam perekonomian? Tentu jawabannya adalah tidak, karena komitmen ini tidak akan berubah. Sebagai Kader HMI tentunya sudah paham apa yang akan dilakukan ketika dihadapkan dengan suatu permasalahan.

Hal yang mulai hilang dalam jiwa Kader HMI adalah sikap, nilai dan kemampuan dalam usahanya untuk melakukan transformasi watak dan kepribadian seorang muslim yang utuh (kaffah), sehingga Kader HMI memiliki keberpihakan yang jelas terhadap kaum tertindas(mustad'afin) dan melawan kaum penindas (mustakbirin). Setiap gerakan mulai dari proklamasi, revolusi hingga reformasi selalu  ada andil mahasiswa. Lantas kemana Kader HMI sekarang dalam tugasnya mengawal pemerintah. Dimana banyak sekali permasalahan yang timbul lalu hilang tanpa adanya kejelasan. Namun harus tetap dengan arah perubahan yaitu usaha untuk mewujudkan masyarakat adil makmur yang diridhoi ALLAH SWT .

Reaktualisasi perkaderan adalah cara yang tepat untuk menanamkan lagi Mission untuk setiap Kader HMI. Hal ini harus dilaksanakan secara konsisten dan diiringi oleh pegangan yang teguh terhadap idealisme dan menjaga sikap hanif sehingga kehadiran mahasiswa sebagai kaum intelektual ada di tengah tengah masyarakat benar dirasakan. Untuk itu Kaum HMI Millenial sekarang harus memahami Kualitas Insan Cita dengan baik untuk menanmkan pada diri sendiri. Sehingga akan terlahi Kader Insan Cita sebagaimana yang tersurat di Tujuan HMI "Terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan islam, dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT" (pasal 4 AD HMI)



Penulis: MFMA

Post a Comment