Bersama HMI Wirausaha Menjadi Mudah #6
Keesokan harinya Tina ke rumah Sari karena ingin bertanya tentang Strategi Marketing yang baik untuk memasarkan poduk.
Tina: “Sar, aku ingin bertanya tentang
strategi marketing, apa langkah pertama dalam strategi marketing?”
Sari: “Langkah pertamanya ya menuliskan
gambaran bisnis kamu”.
Tina: “Gambaran bisnis, maksudnya
bagaimana?”
Sari: “Kamu harus mempersiapkan produk dan
menentukan harga yang tepat”.
Tina: “Setelah itu, apa yang harus
dilakukan?”
Sari: “Langkah selanjutnya yaitu melakukan
audit marketing?”
Tina: “Bagaimana cara melakukan audit
marketing?”
Sari: “Ada 7 bagian dalam sebuah bisnis
yang perlu kamu audit, diantaranya Macro environment audit, marketing strategy
audit, marketing organization audit, marketing system audit, marketing
productivity audit, marketing function audit, dan task environment audit”.
Tina: “Lalu apa yang dilakukan setelah
audit marketing?”
Sari: “Menentukan target pasar”.
Tina: “Bagaimana caranya menentukan target
pasar?”
Sari:”Setelah mengetahui gambaran tentang
bisnis kamu, budget pemasaran sudah ada, goal marketing sudah jelas, langkah
selanjutnya adalah menyusun kampanye seperti apa yang akan kamu buat. Media apa
yang akan digunakan untuk menjalankan kampanye tersebut. Yang kamu lakukan
yaitu menggunakan target pasar yang sama dengan periode sebelumnya atau
mengembangkan ke target pasar yang baru”.
Tina: “Setelah menentukan target pasar,
apa yang harus dilakukan?”
Sari: “Menganalisa competitor”.
Tina: “Bagaimana cara menganalisa
competitor?”
Sari: “Sama seperti memahami pelanggan,
kamu pun harus memiliki intel untuk memata-matai competitor mulai dari produk
dan servis yang disediakan hingga apa yang akan mereka kembangkan. Menganalisa
pesain dapat dilakukan dengan mengidentifikasi 10 pesaing terbaik kamu
menganalisa konten pesaing, dan menganalisa apa yang ditawarkan pesaing.
Setelah itu kamu harus menyiapkan kampanye, membuat tim, dan action”.
Tina: “Seringkali action/kegiatan berjalan
tidak sesuai rencana yang diambil. Bagaimana kamu akan menanganinya?”
Sari: “Kamu harus mencoba menggunakan metode scrum?”
Tina: “Apa itu srum?”
Sari: “Scrum adalah sebuah metode tentang
bagaimana cara kamu menjalankan sebuah proyek. Setelah itu kamu bisa melakukan
evaluasi dan ukur untuk mengukur efektivitas strategi yan telah kamu terapkan”.
Tina:”Selanjutnya apa yang harus kamu
lakukan?”
Sari: “Konten pemasaran”.
Tina: ”Apa itu konten pemasaran?”
Sari: “Konten pemasaran merupakan salah
satu langkah mudah untuk menjangkau banyak konsumen. Konten pemasaran dapat
berupa kegiatan offline (komunitas), kompetisi online, konten marketing, dan
eksklusif beta. Yang terakhir kamu bisa mengikuti pameran atau event yang tepat
dan membangun image sebagai branding”.
Tina: “Terimakasih atas informasinya,
yaudah aku mau pulang”.
Sari: “Hati-hati”.