Bersama HMI Wirausaha Menjadi Mudah #6

Strategi Marketing

Keesokan harinya Tina ke rumah Sari karena ingin bertanya tentang Strategi Marketing yang baik untuk memasarkan poduk.

Tina: “Sar, aku ingin bertanya tentang strategi marketing, apa langkah pertama dalam strategi marketing?”

Sari: “Langkah pertamanya ya menuliskan gambaran bisnis kamu”.

Tina: “Gambaran bisnis, maksudnya bagaimana?”

Sari: “Kamu harus mempersiapkan produk dan menentukan harga yang tepat”.

Tina: “Setelah itu, apa yang harus dilakukan?”

Sari: “Langkah selanjutnya yaitu melakukan audit marketing?”

Tina: “Bagaimana cara melakukan audit marketing?”

Sari: “Ada 7 bagian dalam sebuah bisnis yang perlu kamu audit, diantaranya Macro environment audit, marketing strategy audit, marketing organization audit, marketing system audit, marketing productivity audit, marketing function audit, dan task environment audit”.

Tina: “Lalu apa yang dilakukan setelah audit marketing?”

Sari: “Menentukan target pasar”.

Tina: “Bagaimana caranya menentukan target pasar?”

Sari:”Setelah mengetahui gambaran tentang bisnis kamu, budget pemasaran sudah ada, goal marketing sudah jelas, langkah selanjutnya adalah menyusun kampanye seperti apa yang akan kamu buat. Media apa yang akan digunakan untuk menjalankan kampanye tersebut. Yang kamu lakukan yaitu menggunakan target pasar yang sama dengan periode sebelumnya atau mengembangkan ke target pasar yang baru”.

Tina: “Setelah menentukan target pasar, apa yang harus dilakukan?”

Sari: “Menganalisa competitor”.

Tina: “Bagaimana cara menganalisa competitor?”

Sari: “Sama seperti memahami pelanggan, kamu pun harus memiliki intel untuk memata-matai competitor mulai dari produk dan servis yang disediakan hingga apa yang akan mereka kembangkan. Menganalisa pesain dapat dilakukan dengan mengidentifikasi 10 pesaing terbaik kamu menganalisa konten pesaing, dan menganalisa apa yang ditawarkan pesaing. Setelah itu kamu harus menyiapkan kampanye, membuat tim, dan action”.

Tina: “Seringkali action/kegiatan berjalan tidak sesuai rencana yang diambil. Bagaimana kamu akan menanganinya?”

Sari: “Kamu  harus mencoba menggunakan metode scrum?”

Tina: “Apa itu srum?”

Sari: “Scrum adalah sebuah metode tentang bagaimana cara kamu menjalankan sebuah proyek. Setelah itu kamu bisa melakukan evaluasi dan ukur untuk mengukur efektivitas strategi yan telah kamu terapkan”.

Tina:”Selanjutnya apa yang harus kamu lakukan?”

Sari: “Konten pemasaran”.

Tina: ”Apa itu konten pemasaran?”

Sari: “Konten pemasaran merupakan salah satu langkah mudah untuk menjangkau banyak konsumen. Konten pemasaran dapat berupa kegiatan offline (komunitas), kompetisi online, konten marketing, dan eksklusif beta. Yang terakhir kamu bisa mengikuti pameran atau event yang tepat dan membangun image sebagai branding”.

Tina: “Terimakasih atas informasinya, yaudah aku mau pulang”.

Sari: “Hati-hati”.

Kemudian Tina pulang dengan informasi yang didapat dari Sari dengan perasaan antusias untuk berwirausaha.


Dipersembahkan oleh Bidang Kewirausahaan
Karya: Sekar Indah Ret Noning Tiyas-Kader HMI Komisariat MIPA UM

Post a Comment